ngodod

Aku dan Bocah Satu Setengah Tahun

Posted on: 23 Februari 2011

Sebut saja namanya Ijah. Bocah perempuan menginjak usia dua tahun. Selama beberapa bulan lalu, semenjak ia mulai menapaki usia satu tahun hingga kurang lebih 20 bulan, aku tinggal bersama dengannya. Tentunya bersama orang tua, kedua kakak laki-lakinya dan bibi pengasuhnya.

Selayaknya bocah seumurannya, ia sudah mulai bisa berjalan, berlari, berbicara sedikit-sedikit, mengerti apabila diajak bicara, dan yang paling penting, menirukan apa yang dilakukan oleh orang yang lebih tua. Sesuatu yang bisa menjadi bumerang.

Salah satu kebiasaanku adalah menghabiskan pagi dengan menikmati teh panas dan merokok di teras depan rumah. Ya…, aku paling gak bisa apabila merokok dekat anak kecil atau orang yang gak tahan dengan asap rokok. Meski begitu, Ijah masih saja kerap memergoki aku merokok dan mendekati aku. Seribu satu cara aku pakai untuk menjauhkan dia dariku sewaktu aku merokok.

Namun namanya juga anak-anak, meski aku sudah berkali-kali menjelaskan rokok hanya untuk orang tua, pernah pada suatu ketika dia menunjuk-nunjuk rokok dan korek api yang aku simpan di atas kulkas, tempat dimana aku yakin rokok dan korek api yang aku simpan tidak akan bisa Ijah lihat dan jangkau.

Ya…, demi agar bocah ini tidak menangis, aku ambil bungkus rokok dan korek api yang ada di atas kulkas. Kemudian apa reaksinya? Ia menyodorkan padaku sebatang rokok, yang ia ambil sendiri dari dalam bungkus rokok, sambil menunjuk-nunjuk korek api ditanganku. Aku paham, ia menyuruhku merokok. Ketika aku akan mengambil rokok yang ada ditangannya, ia menggeleng. Terkesiap, aku melontarkan sebuah pertanyaan konyol, “Ijah pengen rokok?” Ia Kemudian mengangguk. Antara rasa sesal dan lucu, aku tertawa. Meski dalam hati aku merasa kecut.

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Dobosan Paling Laku

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • Ibadah Puasa Telah Membentuk Insan Kamil yang Muttaqin
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, MANGGENG – Ribuan jamaah padati shalat Idul Fitri 1438 H di Halaman Masjid At-Taqwa Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya. Jamaah yang hadir tidak hanya berasal dari Kecamatan Manggeng saja tetapi juga jamaah yang berasal dari Kecamatan Lembah Sabil dan Tangan Tangan yang bertetanggaan dengan Kecamatan Manggeng. Bertindak selaku Khatib yait […]
  • Puncak Dari Idul Fitri Ialah Pengendalian Diri
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGELANG – Idul Fitri yang senantiasa hadir dan diperingati setiap tahunnya perlu dijadikan momentum bagi setiap pribadi manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kehadiran Idul Fitri yang dirayakan setelah Bulan Ramadhan memberikan pesan bahwa setiap pribadi manusia harus mampu mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah puasa yang utam […]
  • Manusia Memiliki Peran Besar dalam Menjaga Bumi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati menggelar sholat Idul Fitri pada Ahad (25/6) di Masjid Baiturahman Jalan Dewi Sartika No 316A Cawang Kramat Jati Jakarta Timur. Adapun yanng menjadi khatib dan Imam yaitu Ustadz Ledung Sutarno, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 4 Jakarta. Dalam khutbahnya, Ia menyampaikan tema adab islami t […]

Blog Stats

  • 46,174 hits
%d blogger menyukai ini: