ngodod

Semua Itu Sekedar Onani

Posted on: 21 Februari 2011

Praksisme dalam gerakan sosial adalah nyawa dari gerakan sosial itu sendiri. Kemampuannya merubah diri dari sebuah wacana atau ide menjadi sesuatu yang mungkin dilakukan, nyata dan konkrit menjadi keniscayaan.

Mungkin sudah banyak isu yang bertebaran di timeline, blogosphere atau facebook. Namun seberapa banyak yang sudah mengejawantah menjadi sebuah aksi (massif)? Untuk ini, kelihatannya perlu bantuan Badan Pusat Statistik untuk urun bantuan mencari datanya.

Mungkin ini adalah satu bentuk pesimisme. Namun mungkin pula ini juga sebuah refleksi, terutama bagi saya sendiri. Saya cuma nggak mau sekedar semua ini menjadi onani, atau masturbasi, yang akhirnya menjadi sia-sia. Karena sekedar menjadi kenikmatan diri semata.

Saya ingat umpatan teman saya kuliah, yang dia ucap sewaktu terjadi debat kusir membahas isu gender. “Itu cuman sekedar onani intelektual, kawan!”

Hail kepada: Gerakan Koin untuk Prita, Sejuta Pendukung Pembebasan Bibit-Chandra.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Tentang Gerhana Bulan
  • Pemuda Muhammadiyah Ciseeng Deklarasi Gerakan Tolak Politik Uang
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, CISEENG - Pemuda Muhammadiyah Cabang Ciseeng mendeklarasikan gerakan untuk merespon segala bentuk pelanggaran dalam Pilkada serentak yang akan dihelat pada tahun 2018 ini. Deklarasi tersebut bersamaan dengan diselenggarakannya pengajian bulanan Pemuda Muhammadiyah Ciseeng yang membawa tema "Politik Uang dalam Perspektif Islam" y […]
  • Empat Pesan Haedar Bagi Guru Muhammadiyah
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, MOJOKERTO – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, kualitas pendidikan sangat berpengaruh pada kemajuan suatu bangsa. Itulah semangat pembaharuan pendidikan yang dibangun oleh KH Ahmad Dahlan.Haedar menuturkan, terdapat empat ciri desain sekolah unggul yang dimiliki Muhamamdiyah, yaitu pertama, perspektif pendid […]

Blog Stats

  • 46,536 hits
%d blogger menyukai ini: