ngodod

Pesantren = Sekolah Tukang Kunci

Posted on: 1 Agustus 2009

Cerita ini bermula karena salah satu penghuni rumah kehilangan kunci kamarnya.  Saat itu sudah jam 9 malam. Rumah kami bias dibilang ada di desa, pinggiran Klaten. Tempat di mana merupakan sebuah perjuangan tersendiri untuk mencari tukang kunci pada jam 9 malam.

Tiba-tiba salah seorang teman datang menawarkan bantuan. Kita bukalah sisi luar engsel pintu. Terlihat batang engsel dan selongsong rumah kunci. Dengan menggunakan sebuah anak kunci dan obeng minus, tak kurang dari 5 menit, terbukalah kunci.

Menjadi menarik ketika mendengar komentar teman saya yang membuka pintu itu. Pelajaran membongkar kunci itu dia dapatkan dari praktek selama di pesantren. Dimana adalah praktek yang cukup sering terjadi, apabila salah seorang santri kehilangan kuncinya, maka kunci akan dibuka paksa, tanpa perlu sampai melukai sehingga kunci tak dapat dipergunakan lagi.

Aha…, jadi salah satu hasil dari nyantri adalah bisa membuka kunci tanpa anak kunci. Mungkin ini adalah salah satu hasil dari pelajaran life skill dari pesantren.

Gambar ngembat dari sini.

Iklan

7 Tanggapan to "Pesantren = Sekolah Tukang Kunci"

Woh, dah kayak MacGyver aja 😆

njenengan udah bisa sekarang, mas?

mudah mudahan skillnya rdk disalahgunakan 😛

dan mesti jago merokok..hahhahah

q tukang kunci lukrang lebih 10 tahun tapi masi blum bisa buka kunci rumah antik tanpa anak kunci.. ajarin q donk.. wss..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Dobosan Paling Laku

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • PKU Muhammadiyah Tegal Sediakan Ambulan untuk Pengamanan Arus Mudik
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, ADIWERNA- RS PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal turut menyiapkan sejumlah ambulan untuk membantu pengamanan arus mudik Lebaran. Beberapa petugas medis juga disiapkan tak jauh dari rest area tol darurat yang berada di kawasan Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna. “Kami menyiapkan petugas medis dan ambulans untuk membantu pengamanan Lebaran. Apalagi […]
  • Lazismu Kabupaten Bogor Tebar 1.000 Kado Lebaran Untuk Dhuafa
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, BOGOR – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bogor menggelar acara penyaluran 1.000 Kado Lebaran untuk dhuafa di Komplek Perguruan Muhammadiyah Leuwiliang Bogor, Kamis (22/6). Selain di Leuwiliang penyaluran tersebut juga dilaksanakan di beberapa titik lainnya yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor ant […]
  • Haedar: Mengajak Orang untuk Menyelamatkan Bangsa Itu Musuhnya Berat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA - Untuk memimpin sebuah negeri diperlukan saja’ah atau berani dalam mengambil risiko, bersamaan dengan itu ada keyakinan bahwa apa yang dilakukannya merupakan sebuah kebenaran. Menteri Kelautan dan Perikanan(KKP), Susi Pudjiastuti, merupakan satu dari sekian pemimpin bangsa yang memiliki sifat tersebut. Hal demikian disampaikan Ha […]

Blog Stats

  • 46,173 hits
%d blogger menyukai ini: