ngodod

Sekolah Bobrok

Posted on: 29 Desember 2008

Beberapa hari ini aku keliling Makassar. Bukan jalan-jalan, bukan pula nyari gadis Bugis yang bisa dinikahi, tapi melihat sekolah-sekolah yang akan dijadikan lokasi pelatihan kantorku. Secara fisik dari luar memang terlihat besar, sesuatu yang cukup jarang aku lihat di Jogja. Namun yang cukup miris, aku melihat bangunan-bangunan yang kurang terawat. Sungguh first impression yang kurang menarik.

Karena pelatihan kantorku itu menggunakan laboratorium komputer sebagai sarananya, maka otomatis, akupun bertemu dengan, kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana dan guru penjaga laboratorium komputer. Diantara sela-sela pengecekan kesiapan fasilitas komputer dan tetek bengeknya, aku sempatkan bertanya ini-itu, terutama kepada penjaga laboratoriumnya, diantaranya adalah pertanyaan, “Apakah memang tidak disediakan budget untuk pemeliharaan fasilitas semacam laboratorium komputer, Pak?” Aku mendapatkan jawaban yang sudah bisa kutebak, menilik dari keadaan banyaknya onggokan komputer yang ditutupi debu ataupun kain-kain. “Nggak, Pak.” Kurang ajar memang, aku dipanggil bapak (OOT, red.). “Meskipun sebenarnya ada anggarannya setiap tahun, tapi kenyataannya jarang sekali turun dananya.”

Jah…, sayang sekali. Karena sepanjang pengalamanku, orang-orang Makassar itu sebenarnya sangat potensial. Hanya butuh sedikit “sentuhan”, maka mereka akan “jadi”. Duh, jadi keingetan dengan persoalan penyerapan APBD yang rendah nih. Kapan negeri ini bisa maju kalau begitu?

6 Tanggapan to "Sekolah Bobrok"

maju?masih lama kayaknya bang…

“Meskipun sebenarnya ada anggarannya setiap tahun, tapi kenyataannya jarang sekali turun dananya.”

lha terus dananya kemana ya pak..???
*kurang ajar ya., aku manggil bapak :mr green: *

semoga aja gk dipake buat dana kampanye ;))

owalaaaahhh…kalah sama pembangunan mol2 ya ?

sekolahan?? buat apa??!! gak ada duitnya!!

mending buat mbangun MOL saja!! ada duitnya!!

*tos sama Memeth*

ndak ada dana, ndak ada perawatan..

ndak ada duit, yo ndak jalan gitu yak?

Ps:
hihiii… hey, mas.. akhirrrnya aku nge-blog jugaaaaa!! *sambil jejingkrakan kecentilan*
Ayo kpn balik.., ditularin tuh ilmu manage blog nya gimannaaa..😉

sekolah? pendidikan?? emangnya pemerintah msh mikir hal2 itu?? TIDAK!! yg pemerintah pikirkan adalah uang..uang..dan uang.. yg pemerintah pikirkan adalah bagaimana sekolah2 bisa menghasilkan uang… dalam hal ini pemerintah udah terjangkit virus neoliberalisasi pendidikan… parahnya lagi pemerintah juga menderita penyakit kronis, kapitalisme pendidikan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • IMM Maksimalkan Peran dalam Bidang Politik dan Sosial Masyarakat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menegaskan gerakannya untuk menuju Indonesia Berdaulat melalui kiprahnya di berbagai bidang. Dalam hal ini bidang Riset, Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPP IMM menunujukkan keseriusannya dengan mengadakan workshop dengan tema “Reaktualisasi Ilmu Pengetahuan Untuk I […]
  • Busyro : Melawan Korupsi Tidak Perlu Menunggu Hari Anti Korupsi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menutup Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Tangerang berapa waktu yang lalu bahwa salah satu hal yang menyebabkan Indonesia kalah dalam daya saing dengan bangsa lain yaitu tingginya angka korupsi di Indonesia. Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Busyro Muqoddas Ketua Pimp […]
  • Tanpa judul

Blog Stats

  • 45,807 hits
%d blogger menyukai ini: