ngodod

Polwan dan History

Posted on: 18 November 2008

iklan kdrtSempet senyum-senyum tadi pas baca postingan Unai yang ini di plurk. Jadi keingetan dengan isu gender yang dulu sempet aku pelajari dengan serius. Sampai sempet ngerasain jadi fasilitator pelatihan dan keliling Indonesia gara-gara isu itu.

Dunia emang cukup patriarkhis. Semuanya didasarkan pada laki-laki. Seperti anekdot di postingan Unai itu, seorang anak kecil bertanya pada temennya, “kalau untuk menyebut Polisi Perempuan itu Polwan, trus kalo nyebut Polisi laki-laki itu apa?” Sungguh pertanyaan yang bias gender banget. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri pun juga masih bias gender. Gak ada yang namanya HERstory, yang ada itu HIS(s)tory.

Bahkan salah seorang temenku, skripshit-nya malah membahas tentang bias gender yang ada dalam epistimologi pengetahuan. Hahahaha, emang dia anak filsafat, bung. Jadi gak heran kalo skripshit-nya seperti itu temanya. Oh, ya, KDRT juga bagian dari bias gender lo…

Iklan

5 Tanggapan to "Polwan dan History"

ehmm,,mending menyebutnya Bapak Polisi dan Ibu Polisi 😀

hmmm …. but very love a woman …

KDRT itu dibah=wahnya KDRW..?

Eh, tapi ada lho KDRT yang korbannya laki-laki.

Seharusnya nama picture-nya bukan iklan KDRT dong, tapi “Bapak Rumah Tangga”. Kalau orang yang disitu perempuan pasti dikasih nama “Ibu Rumah Tangga” kan, bukan iklan KDRT. Wah nggak adil nih.
Sama halnya waktu kapan itu di headline surat kabar ditulis dengan huruf gedhe-gedhe, DIRUT PERTAMINA YANG BARU ADALAH PEREMPUAN. So what gitu loh dengan perempuan?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Dobosan Paling Laku

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • PKU Muhammadiyah Tegal Sediakan Ambulan untuk Pengamanan Arus Mudik
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, ADIWERNA- RS PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal turut menyiapkan sejumlah ambulan untuk membantu pengamanan arus mudik Lebaran. Beberapa petugas medis juga disiapkan tak jauh dari rest area tol darurat yang berada di kawasan Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna. “Kami menyiapkan petugas medis dan ambulans untuk membantu pengamanan Lebaran. Apalagi […]
  • Lazismu Kabupaten Bogor Tebar 1.000 Kado Lebaran Untuk Dhuafa
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, BOGOR – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bogor menggelar acara penyaluran 1.000 Kado Lebaran untuk dhuafa di Komplek Perguruan Muhammadiyah Leuwiliang Bogor, Kamis (22/6). Selain di Leuwiliang penyaluran tersebut juga dilaksanakan di beberapa titik lainnya yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor ant […]
  • Haedar: Mengajak Orang untuk Menyelamatkan Bangsa Itu Musuhnya Berat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA - Untuk memimpin sebuah negeri diperlukan saja’ah atau berani dalam mengambil risiko, bersamaan dengan itu ada keyakinan bahwa apa yang dilakukannya merupakan sebuah kebenaran. Menteri Kelautan dan Perikanan(KKP), Susi Pudjiastuti, merupakan satu dari sekian pemimpin bangsa yang memiliki sifat tersebut. Hal demikian disampaikan Ha […]

Blog Stats

  • 46,173 hits
%d blogger menyukai ini: