ngodod

Polwan dan History

Posted on: 18 November 2008

iklan kdrtSempet senyum-senyum tadi pas baca postingan Unai yang ini di plurk. Jadi keingetan dengan isu gender yang dulu sempet aku pelajari dengan serius. Sampai sempet ngerasain jadi fasilitator pelatihan dan keliling Indonesia gara-gara isu itu.

Dunia emang cukup patriarkhis. Semuanya didasarkan pada laki-laki. Seperti anekdot di postingan Unai itu, seorang anak kecil bertanya pada temennya, “kalau untuk menyebut Polisi Perempuan itu Polwan, trus kalo nyebut Polisi laki-laki itu apa?” Sungguh pertanyaan yang bias gender banget. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri pun juga masih bias gender. Gak ada yang namanya HERstory, yang ada itu HIS(s)tory.

Bahkan salah seorang temenku, skripshit-nya malah membahas tentang bias gender yang ada dalam epistimologi pengetahuan. Hahahaha, emang dia anak filsafat, bung. Jadi gak heran kalo skripshit-nya seperti itu temanya. Oh, ya, KDRT juga bagian dari bias gender lo…

5 Tanggapan to "Polwan dan History"

ehmm,,mending menyebutnya Bapak Polisi dan Ibu PolisišŸ˜€

hmmm …. but very love a woman …

KDRT itu dibah=wahnya KDRW..?

Eh, tapi ada lho KDRT yang korbannya laki-laki.

Seharusnya nama picture-nya bukan iklan KDRT dong, tapi “Bapak Rumah Tangga”. Kalau orang yang disitu perempuan pasti dikasih nama “Ibu Rumah Tangga” kan, bukan iklan KDRT. Wah nggak adil nih.
Sama halnya waktu kapan itu di headline surat kabar ditulis dengan huruf gedhe-gedhe, DIRUT PERTAMINA YANG BARU ADALAH PEREMPUAN. So what gitu loh dengan perempuan?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • IMM Maksimalkan Peran dalam Bidang Politik dan Sosial Masyarakat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA ā€“ Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menegaskan gerakannya untuk menuju Indonesia Berdaulat melalui kiprahnya di berbagai bidang. Dalam hal ini bidang Riset, Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPP IMM menunujukkan keseriusannya dengan mengadakan workshop dengan tema ā€œReaktualisasi Ilmu Pengetahuan Untuk I […]
  • Busyro : Melawan Korupsi Tidak Perlu Menunggu Hari Anti Korupsi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA ā€“ Disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menutup Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Tangerang berapa waktu yang lalu bahwa salah satu hal yang menyebabkan Indonesia kalah dalam daya saing dengan bangsa lain yaitu tingginya angka korupsi di Indonesia. Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Busyro Muqoddas Ketua Pimp […]
  • Tanpa judul

Blog Stats

  • 45,807 hits
%d blogger menyukai ini: