ngodod

Kasta Dalam Jalan Raya

Posted on: 16 September 2008

Karena apa yang kita kendarai itu penanda status ekonomi kita.

onta violet

onta violet

Susah bener jadi pesepeda dan ini terjadi di Jogja. Di kota yang dulu dikenal sebagai Kota Sepeda. Aku sudah berkali-kali merasakan yang namanya dipotong jalur oleh pengendara motor, dipepet oleh orang paling kaya sedunia yakni pengemudi mobil dan nyaris ditabrak oleh penguasa jalan sejati bernama sopir bis kota.

Sepeda memang bukan alat transportasi. Ia adalah penanda status ekonomi. Sepeda tepat berada sedikit di atas pejalan kaki, kasta terendah pengguna jalan raya. Sepeda dipahami hanya digunakan oleh mereka yang nggak punya cukup uang untuk beli bensin dan untuk merawat motor atau mobil.

Sepeda hanya dipakai oleh sebagian dari mereka yang isi kepalanya ngerti bahwa persediaan minyak mentah Indonesia hanya cukup untuk sekedar tiga dasawarsa lagi. Bahwa kualitas udara makin hari makin memburuk oleh semakin banyaknya emisi gas buang. Oleh mereka yang merasakan bahwa bumi sudah semakin memanas dan menua.

Dulu sempat ada jalur sepeda di kota ini. Yang kemudian menghilang begitu saja digantikan oleh busway. Bus yang sepi karena dengan menaikinya akan semakin memperburuk kondisi finansial penumpangnya, akibat kurang tersedianya angkutan pendukung.

Emang susah jadi pesepeda. Kasta kedua terendah dalam jalan raya. Yang selalu jadi korban kekerasan pengguna kendaraan yang lain. “Hoi…, bagi-bagi jalan dunk… Emang ini jalan moyang lu..”

16 Tanggapan to "Kasta Dalam Jalan Raya"

Saya jadi ingat dulu jaman saya SMP naik sepeda dari rumah di Jl. Godean sampe SMP 8 (Cik Di Tiro) berdua bareng sahabatku bernama Fudit..

Sori lupa, salam kenal.. saya pertama kali masuk blog ini..

sabar kang…
coba balas tabrak ae!
*dipentung!*

bagiku sepeda sekedar alat olahraga …

btw theme e keyen

emang begitulah adanya..😀

Mau lihat mahasiswa/wi bersepeda? Lihat saja di Unhas Fakultas Kedokteran. Tapi sayang, mahasiswanya mahasiswa dari Malaysia. Padahal tidak ada jalur khusus sepeda. Klu kita mau sepeda jd paporit sediakan dulu jalurnya khusus sepeda seperti di luar negeri. Tp itu kerjaan pemerintah sih….susah deh kayaknya pemerintah diharapkan mau begitu…

hmmm..9anti them neeh?hitam..wow..kereenn…:)
iya dulu tuch pas diyo9ya palin9 serin9 liat anak sekolah rame2 nyepeda pas beran9kat,seru septnya,harusnya ada jln khusus wat para bikers yakh?

Bagi saya, kasta tidak hanya terjadi di jalan raya, di kalangan para penyepeda juga ada koq…😀
anyway, theme baru ya oom…😉

Di tempatku kuliah, sebagian besar mahasiswa naik sepeda dan banyak professor yang juga naik sepeda.

btw, Salam kenal juga Mas

waktu masih tinggal di komplek Auri jalan adi sucipto, saya sering tiap hari bersepeda.. biasanya sih rutenya jalan keliling kompleks, kadang sampe ke bandara…

*ah kangen pengen bersepeda. sekarang udah ga punya lagi :D*

dab puasa dab.. ra misuh misuh lho dab..
by the way, sepedamu elok tenan dab.. wehehehe

sabaarrr, bersepeda itu sehat, walau diserempet sana sini hehe..

ga gitu juga kale…..
mungkin bagi sebagian orang iya, tapi bagiq sama aja….
bahkan orang yang pke ontel lebih pinter ketimbang pke motor/mobil kalo perjalannane ga sbrapa jauh….

bersepeda itu olahraga yang serupa kemunduran dab.. ketika orang lain berlomba2 mengadu gengsi dengan menaiki kendaraan bermotor, para pesepeda berlomba menaiki sepeda ke mana saja, dengan stamina, bukan dengan uang dan gengsi..
ya gk dab? hehehe..
kemajuannya, kita peduli lingkungan, oke dab!!

percuma berharap pmerintah akan membuat jalur sepeda, kita harus menekan mereka, galakkan bersepeda, kalo perlu kita bersepeda malang dalan:))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Dobosan Paling Laku

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Stats

  • 45,796 hits
%d blogger menyukai ini: