ngodod

Windows, Ubuntu dan Zenwalk. Kisah mengedit GRUB loader.

Posted on: 15 September 2008

Ini semua gara-gara orang bernama Sandal.

grub loader

grub loader

Sandal, selain sebagai komprador CahAndong, juga berprofesi ganda sebagai sales web browser Opera dan Linux Zenwalk. Setelah berhasil meracuniku menjadi Opera user, sekarang dia berhasil membuatku penasaran nyoba Zenwalk. Akhirnya akupun tadi siang install Zenwalk di lappie kantor yang aku bawa.

Keturutan juga nyoba keluarga besar Slackware, setelah sekian lama menjadi penggemar berat Ubuntu yang bergenre Debian. Meskipun harus dilalui dengan berjuang selama setengah hari untuk sukses melakukan instalasi.

Di lappie yang kupake sekarang ini, sebelumnya dah tertanam Windows dan Xubuntu, Ubuntu yang berdesktop Xfce. Xubuntu sendiri memakai GRUB sebagai boot loader-nya. Sesuatu yang akhirnya menjadi masalah ketika aku memutuskan untuk menginstall Zenwalk, secara Zenwalk menggunakan LILO sebagai boot loader-nya.

Memang sudah aku siapkan sebuah partisi yang nantinya akan kuisi dengan Zenwalk. Semuanya berjalan lancar, sebelum aku melakukan sebuah tindakan pinpinbo, aku tak lengkap mengisi dengan lengkap opsi ketika menginstall LILO. Pengennya sih nanti bisa diedit (sok kepedean mode = ON).

Akhirnya Zenwalk terinstall juga, namun yang terjadi, dalam menu LILO, yang muncul hanya Windows dan Zenwalk. Xubuntu tidak terdetek. Geblek… Sempet rada panik. terbukti dengan aku tidak menggunakan kata kunci yang efektif pas googling untuk nyari solusinya.

Aku memutuskan solusi sementara adalah dengan mengembalikan GRUB sebagai boot loader, secara aku belum familiar dengan LILO. Setelah aku berhasil mengembalikan GRUB loader, dengan konfigurasi sebelum ditambahi Zenwalk, masalah selanjutnya adalah bagaimana memasukkan opsi Zenwalk dalam GRUB loader tersebut.

Akhirnya aku tanya sana dan diberi link menuju sini. Jah…, baca dikit, utek bentar dan berhasil, berhasil, berhasil. Ternyata tak serumit yang kukira. Thanks berat buat dia yang ngasih link. Orang panik memang mirip kernel panic. Kekekeke…

2 Tanggapan to "Windows, Ubuntu dan Zenwalk. Kisah mengedit GRUB loader."

Berarti saya layak jadi tim sukses pemilu besok yo Mas?😀

walah.. jadi inget pas saya sma, nginstall bsd nganti 3 kali format.. wakakak

Tinggalkan Balasan

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • IMM Maksimalkan Peran dalam Bidang Politik dan Sosial Masyarakat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menegaskan gerakannya untuk menuju Indonesia Berdaulat melalui kiprahnya di berbagai bidang. Dalam hal ini bidang Riset, Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPP IMM menunujukkan keseriusannya dengan mengadakan workshop dengan tema “Reaktualisasi Ilmu Pengetahuan Untuk I […]
  • Busyro : Melawan Korupsi Tidak Perlu Menunggu Hari Anti Korupsi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menutup Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Tangerang berapa waktu yang lalu bahwa salah satu hal yang menyebabkan Indonesia kalah dalam daya saing dengan bangsa lain yaitu tingginya angka korupsi di Indonesia. Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Busyro Muqoddas Ketua Pimp […]
  • Tanpa judul

Blog Stats

  • 45,807 hits
