ngodod

Open Source Project Sustainability?

Posted on: 13 September 2008

tux

tux

Beberapa bulan yang lalu, ketika Mbak Atis main ke Jogja, seperti biasa akan terjadi perbincangan yang topiknya rada berat. Waktu itu dia bertanya padaku soal sustainabilitas open source project. Pertanyaan yang dia munculkan ketika tahu aku sedang belajar Linux, sebuah open source project.

Aku hanya bisa menjawab, “Aku yakin masih banyak orang baik di muka bumi ini yang hanya sekedar ingin berbagi dengan orang lain tanpa terlalu memikirkan imbalan secara material.” Mungkin bisa dikatakan sebuah jawaban naif dan gak mutu. Tapi itulah yang aku yakin menjadi landasan mengapa sudah selama sekian lama Linux masih bisa bertahan dan malah menggembirakan perkembangannya.

Kemudian dia menyusul dengan sebuah pertanyaan lanjutan. Pertanyaan yang memang standar banget bagi orang yang masih belum mengenal open source project, “Lha mereka kemudian makan pakai apa?”

Hahahaha… Aku hanya bisa senyum-senyum dan ketawa-ketiwi. Senyum kecut. Inilah penyakit akut ala kaum materialis. Banyak para aktifis Linux bisa bertahan hidup dari menjadi pemateri dalam pelatihan penggunaan Linux. Bisa juga mendapatkan penghasilan dari nulis buku tutorial, meskipun e-book gratisan juga membanjir di hamparan dunia maya. Gak hanya itu, yang bekerja menjadi seorang buruh maintenance system di perusahaan profit juga gak sedikit.

Berbagi ilmu yang kita kuasai kepada orang lain secara gratis bukan berarti membunuh sumber penghasilan. Itulah prinsip irrasionalitas rejeki…

*Selama dunia masih berputar, aku yakin masih banyak orang baik di luar sana. Yang berkenan berbagi dengan sesamanya.*

Insipirasi dari sini dan gambar dari sana.

5 Tanggapan to "Open Source Project Sustainability?"

yah.. santai aja mas rejeki sudah ada yang ngatur kok…

bener2…….🙂

yah itulah, persepsi mendasar seorang manusia ……

pdhl org yg tau opensource dia bisa lbh kreatif dlm bnyka hal yg berhubungn dgn kompi

hahahah.. lek nyasar ya sampeyan sing salah moco peta.. wakakakakaka

tapi kalo istri jangan sampe open source kang… bahaya… kabeh orang bisa njajali lak an… susah

sustainability is easy as long as you do not read free as gratis, free is not limited/harnessed.

[…] Mbak yang saya maksud dengan support komunitas. Yang dulu pernah kita obrolin di sambil makan bakmi di Alun-alun dulu. Ilmu yang berguna bukankah menjadi pahala yang tiada […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Dobosan Paling Laku

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Stats

  • 45,796 hits
%d blogger menyukai ini: