ngodod

Sekedar Sebuah Kendaraan Politik

Posted on: 5 Agustus 2008

”]plang proyek [politik]Memang, salah satu alasan kenapa partai politik dibuat adalah sebagai kendaraan menuju kekuasaan. Aku tak keberatan dengan itu, sungguh pun.

Beberapa tahun yang lalu, Amien Rais pernah memperkenalkan sebuah istilah yang dia sebut dengan “high politics”. Sebuah politik mulia yang tidak hanya sekedar mengejar kekuasaan belaka. Sebuah cara berpolitik yang lebih menekankan bahwa kekuasaan adalah jalan untuk mengejar yang jauh lebih agung dari sekedar kekuasaan itu sendiri. Seperti menggunakan kekuasaan untuk memakmurkan rakyat.

Nggak hanya itu, partai politik juga punya tugas mulia untuk melakukan pendidikan politik kepada rakyat. Seperti mengajarkan kepada rakyat, seperti apakah partai yang baik itu, seperti bagaimanakan memilih yang rasional itu. Sesuatu yang sampai saat ini hanya menjadi utopia saja kelihatannya. Bahkan, mungkin saja bukannya malah melakukan pendidikan politik, tapi melakukan pembodohan politik. Argh…

Namun dan namun, sampai saat ini, aku hanya melihat bahwa sebagian besar, partai politik hanya sekedar digunakan sebagai kendaraan politik untuk mengejar kekuasaan. Hitung saja berapa banyak partai yang bisa bertahan dalam beberapa kali Pemilu yang sudah dilaksanakan negeri ini selama masa Reformasi. Hitung saja berapa partai politik yang untuk bisa tetap bertahan mengikuti Pemilu, melakukan operasi ganti nama.

Rakyat tak menutup mata dengan fenomena ini. Terbukti dengan tidak berkurangnya, untuk tidak menyebut naiknya, angka golongan putih yang terdapat pada beberapa Pilkada terakhir.

Aku sendiri sampai pada detik ini masih tidak percaya dengan partai politik. Meskipun bukan berarti aku akan menjadi golongan putih pada Pemilu 2009 besok. Karena dan hanya karena, beberapa teman dekat yang aku kenal baik track recordnya, bakalan menjadi calon legislatif. Meskipun untuk itu, aku terlebih dulu menutup mata dengan kelakuan partai politik pengusung mereka.

18 Tanggapan to "Sekedar Sebuah Kendaraan Politik"

tumben srius pembahasannya:)
mmm..iya sekarang makin banyak partai politik yg bermunculan dg visi dan misi masing2 berusaha memikat massa,aku..hmm..teteup nda milih..

setahu saya kendaraan politik bensinnya keduuaaxxx, gara-gara gak dapat pertamax..

wakakakka..lucu gambarnya,…..

tapi bener kok..politik emang SUX..!!!

poli-gami-tik aja deh. lebih seru… :p

Vote NGODOD for President !!!

mmmmmm… ati2 ooom. suka ada yang ngaduin😀

PolitiSinis Nusantara itu memang selalu anomali. Begini salah, begitu dikatakan aneh. Ada partai besar berazaskan Islam, eh malah takut memunculkan Presiden dari kalangan mereka..malah SBY yang diusung.
“Siapa Mas..?”
Partai Karno Sekali…

Mau jadi calon independen, kang?😆

saya pikir sudah saatnya bung ngodod mencalonkan diri menjadi calon independen..

VOTE NGODOD !!!

tapi banyak parpol bagus… banyak yg pesen sms gateway buat sistem penghitungan cepat ke gue😀 hehhe… (kapitalis mode on)

kandidat dari partai blogger……….. hi…

temenmu bukan saiful jamil khan..yang ikut ikut main politik

Dong, mbok dikek-i template joomla sing apik , sing opo yoo. Situs muhammadiyah kae apik je. Aku meri, pengen nggawe nggo labda. Thx

Parpol untuk siapa????

wah..klo soal ini aku no comment argh..

hehehe foto itu dapet dari mana ya…..
bagus nih artikelnya……
moga2 anggota parlemen ada yng mbaca

waks… ga suka politik!!!

daripada nyalon legislatif… mending nyalon pluss.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • IMM Maksimalkan Peran dalam Bidang Politik dan Sosial Masyarakat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menegaskan gerakannya untuk menuju Indonesia Berdaulat melalui kiprahnya di berbagai bidang. Dalam hal ini bidang Riset, Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPP IMM menunujukkan keseriusannya dengan mengadakan workshop dengan tema “Reaktualisasi Ilmu Pengetahuan Untuk I […]
  • Busyro : Melawan Korupsi Tidak Perlu Menunggu Hari Anti Korupsi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menutup Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Tangerang berapa waktu yang lalu bahwa salah satu hal yang menyebabkan Indonesia kalah dalam daya saing dengan bangsa lain yaitu tingginya angka korupsi di Indonesia. Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Busyro Muqoddas Ketua Pimp […]
  • Tanpa judul

Blog Stats

  • 45,807 hits
%d blogger menyukai ini: