ngodod

Efek Rumah Kaca

Posted on: 14 April 2008

Beberapa hari ini aku lagi demen ndengerin Efek Rumah Kaca (ERK). Band keren, dengan musikalitas yang bagiku berkarakter. Aku sih gak tau persis nih band apa alirannya. Tapi yang jelas, liriknya bikin aku semacam “trance”. Liriknya lugas, langsung ke sasaran, nggak sok puitis, tapi juga nggak garing.

Efek Rumah Kaca ngembat dari Multiply merekaSeneng sama band ini juga gak sengaja. Pas pagi aku siap-siap ngantor, di radioku, yang namanya penyiar radio, setengah teriak ngasih info kalo nih band dahsyat. Nih band dianggap penerus Iwan Fals. Busyet.., dalam hati aku jadi penasaran. Band macam apa sih kok sampe-sampe si penyiar berani bikin pernyataan band ini bakalan jadi penerus Iwan Fals. Slank aja butuh bertahun-tahun untuk mengukuhkan dirinya sebagai bukan band komersil biasa. Bukan band yang lagu-lagunya dibuat untuk memenuhi tuntutan pasar. Bukan band yang lagu-lagunya sekedar Cinta Melulu.

Dari beberapa lagu mereka yang udah aku denger, yang paling aku suka judulnya “Di Udara”. Lagu ini dibuat special sama Cholil, sang vokalis sekaligus gitaris, buat mengenang almarhum Munir. Tiap denger lagu ini, rasanya hati disayat-sayat. Rasanya kayak aku ini belum melakukan apapun buat bangsa ini. Ah..

Memang aku baru ndenger empat lagu mereka sih. Tapi ya itu, empat lagu udah bikin aku jatuh cinta sama mereka. Gak salah lo mereka dijuluki penerus Iwan Fals. Yang penting mereka tetep konsisten aja. Jangan nyanyi lagu Cinta Melulu aja… dan satu lagi, boleh masuk major label asal bisa tetep independen dalam bermusik. Salut buat ERK…

multiply mereka:

http://efekrumahkaca.multiply.com/

komentar detik:

http://www.detikhot.com/index.php/tainment.read/tahun/2008/bulan/02/tgl/04/time/150254/idnews/888900/idkanal/217/

catatan dari yang lain:

http://www.liezmaya.web.id/band-efek-rumah-kaca/

4 Tanggapan to "Efek Rumah Kaca"

mbok ya kalo ngasih link itu setelah alamat url ditambahin dengan “slash”.. (“/”)..
jadi kan kita sebagai pembaca setia blognya Bung Ngodod bisa langsung ngeklik…😉

BythewayBusway,
efekrumah kaca itu masih keluarga dengan tokoh pewayangan?
kok family name-nyah sama?
..Gatot Kaca..?!
[…]

waduh.., saya gag tau persis bang kopdang. yang saya tau. lagu2nya enak. kekeke….

iyo ki… le meh ngeklik url e njur piye… ndadak kopi paste … repott …

(* … mlayu rindik rindik

hehehe.., tak bandem karo roti gelem ra iq…?

heh mas smpe skarng aku blum tau tuh efek rumah kaca.. kaya’nya g terlalu terkenal deh d bgor… aku sdah mndengarkan radio sharian pnuh kgak ad tuh… maklumlah… lgu2mu tu psti yg sprti2 tu to… krg masuk ma qta.. hehehe…:-P

koyo ngono pie…? perasaan, laguku yo wajar2 ae kok…

[…] No Comments Beberapa minggu terakhir ini, aku lagi demen banget ndengerin lagu-lagu indie. Semacam Efek Rumah Kaca (ERK), The S.I.G.I.T., Mocca, dan Sore. Yah.., semacam selingan dari lagu-lagu pasaran yang akhir-akhir […]

Tinggalkan Balasan

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

@ngododp

Kerjo Nganggo Pit

RSS Official Muhammadiyah Website

  • IMM Maksimalkan Peran dalam Bidang Politik dan Sosial Masyarakat
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menegaskan gerakannya untuk menuju Indonesia Berdaulat melalui kiprahnya di berbagai bidang. Dalam hal ini bidang Riset, Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPP IMM menunujukkan keseriusannya dengan mengadakan workshop dengan tema “Reaktualisasi Ilmu Pengetahuan Untuk I […]
  • Busyro : Melawan Korupsi Tidak Perlu Menunggu Hari Anti Korupsi
    MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menutup Tanwir Pemuda Muhammadiyah di Tangerang berapa waktu yang lalu bahwa salah satu hal yang menyebabkan Indonesia kalah dalam daya saing dengan bangsa lain yaitu tingginya angka korupsi di Indonesia. Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Busyro Muqoddas Ketua Pimp […]
  • Tanpa judul

Blog Stats

  • 45,807 hits
