ngodod

Repositori Ubuntu + Kopi Blandongan = Liga Champion

Posted on: 9 April 2008

[ditulis dini hari menjelang shubuh karena gak bisa tidur]

Sore sekitar jam empat, tiba-tiba YM-ku di-buzz. Ditanyain sama salah satu temenku yang Ubuntu freaks, jadi gak aku ke UAD Janturan yang deket rumah Mita itu buat ngopi file repositori Ubuntunya. Tanpa banyak babibu, aku langsung cabut ke TKP. Pulang mirip orang habis menang lotere lima miliar. Rasanya gak sabar pengen segera pulang ke kontrakan buat nyobain repositori yang baru. Tau gak, Ubuntu emang mantap, kita bisa bikin repositori di cd/dvd sesuai keinginan kita pake program APTonCD. Oh God…

Malam sekitar jam setengah delapan malam. Aku dah mau pulang dari kantor. Sebenernya pengen ketemu ma Mita. Cuman pengen liat saja, gak pengen ngobrol apapun. Sekedar mengurangi sakau-ku, dia emang candu-ku [Tompi banget gituh….]. Aku SMS dia. Tapi dia sibuk, ya udah, aku cabut pulang. Tapi pas liat hape, ada SMS dari Aisy Si Mbah. Ngajak aku ke Blandongan. Tak pikir-pikir, why not. Aku hela motor ke Blandongan. Di Blandongan, sebungkus nasi krawu+kripik usus ditambah KOTANGSUJAHE (Kopi Tanggung Susu Jahe) menjadi menu malam itu. Aku pulang sekitar jam sembilan malam. Dah gak sabar pengen segera mengutak-atik Ubuntu-ku. Niat hijrahku dari kegelapan Win***s dah benar-benar bulat.

Sampe di kontrakan, aku masih kebingunan. Mo diapain yang namanya flash disk-ku yang berisi file iso repositori. Kan sampe kemaren yang namanya Ubuntu-ku masih lum bisa detek USB flash disk atau USB eksternal hard disk. Tapi tadi siang aku dapat wangsit dari Kang Iffan, kakaknya temen kantorku Paex, coba aja colokin flash disk-nya pas masuk login screen. Temennya sempet mengalami problem yang sama, dan trik itu manjur buat temennya. Aku coba saja, aku colokin flash disk Aisy Si Mbah pas di login screen. Aku gak make flash disk-ku, karena pas gak ke detek kemaren, aku make flash disk-ku. Aku khawatir flash disk-ku yang emang eror. Dan ternyata, it’s work…!!!

Kemudian aku coba colokin flash disk-ku. aku log out dulu. Trus aku copot flash disk Si Mbah, kemudian aku colokin flash disk-ku. Udah ke detek di dmesg, tapi tetep gak ke mounting. Di mounting manual juga gak mau. Aku nyaris desperado…

Kemudian aku rehat sejenak, ngobrol ma Adnan, temen kontrakan. Sekitar jam sebelasan sampe jam satu pagi kita ngobrol. Sebenarnya kita sama-sama gak bisa tidur, tapi obrolan terhenti karena aku inget belum sholat Isya. Aku ambil air wudlu trus sholat. Pas di tengah sholat, ini nih penyakit orang sholat gak khusyuk, aku dapet ilham. Kenapa gak aku pake live cd aja. toh aku punya koleksi banyak. Aku coba satu-satu live cd-ku. Knoppix gagal, layarnya blank. Freespire lewat, karena loadingnya lama. Maklum lah, memori cuman 256Mb. Harapan terakhirku ada di cd Slax, dan it’s works..!!! Hahahah, flash disk-ku ke detek. Aku kopi saja file iso repositori dari flash disk-ku ke hard disk. Sempet gagal dua kali, tapi yang ketiga sukses.

Akhirnya setelah sukses mengkopi file dari flash disk ke hard disk, aku restart kompieku balik pake Ubuntu lagi. Sedikit settingan, repositori baruku pun jalan. Plus sekarang aku dapat bonus, Ubuntu-ku dah bisa nge-mount flash disk-ku. Alhamdulillah, inilah hasilnya kalo kita gak pernah menyerah…

Lha trus apa hubungannya repositori Ubuntu ama Kopi Blandongan dan Liga Champion? Aku gak bsia tidur gara-gara segelas KOTANGSUJAHE. Gara-gara gak bisa tidur, aku pun sambil utek-utek kompie, terpaksa nonton Arsenal yang harus rela dibantai dimenit-menit terakhir sama Liverpool. Oh God…, kenapa Arsenal harus kalah..???

1 Response to "Repositori Ubuntu + Kopi Blandongan = Liga Champion"

Met berUbuntu ria ya Kang.

Dulu waktu aku pertama kali install kubuntu 7.04 juga mengalami hal yang sama kok. Sama-sama ga bisa tidur karena ingin naklukin si pinguin ini.

Rasanya puas banget ya kalau kita berhasil naklukin si pinguin ini 😀

hahahaha… bener kang. apalagi pas instal software pake repo yang dah tak kopi di harddisku. rasanya puas banget. instal-remove sak kemengku. kekekeke…

Tinggalkan komentar

Cahandong

Ternyata Anda…

IP

Gudang Dobosan

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24048

Kerjo Nganggo Pit

Blog Stats

  • 53.306 hits